Berubah....

Anda pasti pernah memakai trolley alias kereta dorong di supermarket. Penemunya ternyata bernama Sylvan N. Goldman. Kereta dorong pertamanya dibuat seperti kursi lipat sehingga jika tidak digunakan bisa disimpan dengan praktis dan ringkas. 4 Juni 1937, kereta dorong pertama di dunia itu diluncurkan. Namun, tanggapan masyarakat sungguh menyedihkan. Pelanggan tokonya justru merasa tersinggung karena dianggap memiliki tangan yang lemah sehingga untuk membawa keranjang belanjaan saja tidak kuat dan harus digantikan dengan trolley. Goldman tidak kehilangan akal, ia pun menyewa para pembelanja palsu untuk menggunakan kereta dorong ciptaannya. Orang-orang yang melihatnya mulai tertarik untuk mencoba. Ketika merasakan enaknya memakai kereta itu, orang-orang mulai memakainya. Akhirnya, Goldman menjadi orang yang kaya raya karena penemuannya dipakai di seluruh dunia.

Butir-butir mutiara apa yang bisa kita temukan dari kisah penemuan kereta dorong di atas? Pertama, dunia itu selalu berubah. Jika kita tidak bisa beradaptasi, kita akan musnah. Ingat, dinosaurus hanya makan makanan tertentu, sehingga ketika makanannya langka, mereka punah. Sebaliknya, semut itu pemakan segala, sehingga meski tubuhnya jauh lebih kecil ketimbang dinosaurus, dia masih eksis hingga kini.

Kedua, kita perlu memiliki prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Prinsip ini akan membuat kita mencoba untuk menemukan cara-cara yang bisa membuat hidup lebih nyaman. Penemuan kereta dorong itu tentu saja membuat belanja kita jadi lebih menyenangkan.

Ketiga, agar bisa kreatif, kita perlu memiliki pikiran yang terbuka terhadap hal-hal baru. Ingat, apa saja yang belum pernah kita pikirkan, pakai atau gunakan merupakan hal baru meskipun hal itu mungkin sudah lama dipergunakan orang lain. Itulah sebabnya mengapa tren yang terjadi di luar negeri sering kali kita bawa pulang ke tanah air. Goldman mau membuka pikirannya dan melihat bahwa kursi lipat itu bisa juga diterapkan di kereta dorong. Artinya, kereta dorong yang bisa dilipat mengambil ide dari kursi lipat. Garpu yang kita pakai untuk makan sebenarnya berasal dari garpu yang digunakan untuk mengangkat jerami, hanya ukurannya dibuat lebih kecil.

Berdasarkan ketiga hal di atas, jika kita mau membuka diri untuk terus belajar, kita tidak akan pernah berhenti. Hanya orang mati yang tidak mau berubah. Meskipun demikian, perubahan yang terbaik adalah perubahan dari diri sendiri.

Mari berubah menjadi orang yang lebih baik...