Beranikah Anda ?

Untuk hidup orang memang membutuhkan keberanian. Untuk bertahan hidup orang membutuhkan keberanian. Untuk bertahan hidup dan menjalani impian, orang membutuhkan keberanian. Untuk tetap bertahan dalam keyakinan mengenai kehidupan apa yang harus dijalani, orang membutuhkan keberanian. keberanian itu jelas tidak aman. Keberanian itu penuh risiko.

Hidup tanpa keberanian adalah hidup yang tiada manfaatnya, dapat dikatakan bahwa Hidup dan keberanian adalah ibarat tubuh dan bayang-bayang. Kemana pun kita pergi dalam hidup ini, kita perlu keberanian. Sejak kecil dalam kepolosan kita sebagai seorang bayi merah, kita bergerak dan berekspresi penuh keberanian.

Keberanian adalah suatu kualitas, yakni sesuatu yang hanya dapat dirasakan dan dialami, keberanian bukan kata-kata,bukan rumusan pikiran. Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan keberanian sebagai ”mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya”. Keberanian itu bukan soal fisikal. Keberanian adalah sebuah sikap. Sikap untuk bertahan atas prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai
tekanan yang membuatnya tidak populer dan kehilangan.

Keberanian sering diartikan secara dangkal, yaitu kenekatan. Itulah sebabnya, orang mencoba mendidik keberaniandengan mengajarkan sikap tahan banting kalau dihajar fisiknya. Cerita-cerita negatif tentang keberanian yang salah kaprah IPDN dan geng-geng motor memakai doktrin ini. Mendidik orang percaya diri karena tahan digebuki dan pandai menggebuki. Hasilnya bukan keberanian, tetapi kepengecutan. seperti banyak terjadi pada jaman ini orang bukan berani tap pada nekat, ketika berkendara dijalan mereka saling selap-selip, dan ketika ditegur kita marah dan katanya "berani" padahal itu bukan keberanian sejati. Kepengecutan dinamai keberanian dalam gerombolan.

Kita banyak tahu bahwa banyak orang sukses berawal dari keberanian. Sebaliknya begitu banyak orang mengalami kegagalan karena kurangnya keberanian, mungkin mereka mempunyai ide cemerlang, namun karena takut gagal dan takut untuk mencoba, akhirnya semua ide menjadi layu dan mati. Di lain pihak, orang lain bisa sukses karena mereka lebih berani dengan bergerak lebih cepat! Maka bila ingin lebih berkembang dan sukses, maka saya mengatakan siapa yang berani dialah yang akan sukses.

"Keberanian" merupakan aset yang sangat berharga bagi pribadi kita. Keberanian bisa menjadikan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Keberanian bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, loyo menjadi semangat, takut jadi berani, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses. Setiap kemenangan memerlukan keberanian. Semakin besar kemenangan maka semakin besar keberanian yang diperlukan. Ini adalah suatu konsekuensi yang logis. Tidak adil rasanya jika kemenangan besar bisa diraih dengan keberanian yang kecil. jadi jika Anda mengharapkan kemenangan besar, maka Anda perlu memiliki keberanian yang besar pula.

Perlu kita ingat dalam hidup akan terus muncul resiko dalam berbagai bentuk dan ragam. Resiko menjadi bagian alami dalam perbaikan berbagai bidang. Setiap kita mengambil keputusan, berati pula kita mengundang resiko. Namun kita berdiam diri diri pun kita akan berhadapan dengan resiko. Resiko, sekali lagi, tidak bisa kita hindari dan memang bukan untuk kita hindari. maka keberanian yang akan menuntun kita bisa mengatasi segala resiko tersebut. Maka beranilah anda untuk:

- Berani Menetapkan Mimpi sukses
- Berani Bertindak untuk menggapai sukses
- Berani bangkit lagi dari kegagalan
- Berani mengakui kelemahan diri sendiri
- Berani Untuk berbuat baik
- Berani untuk keluar dari comfort zone
- Berani Untuk membunuh kekerdilan yang dipenuhi ego dan nafsu
- Berani Berjuang sampai menggapai sebuah kesuksesan

Keberanian bukan berarti tanpa rasa takut keberanian adalah rasa takut yang diiringi keinginan untuk tetap maju beraninilah untuk melangkah kedepan. keberanian itu ketegasan. keberanian; mengatasi segala rintangan untuk terus maju ataupun untuk mencari keadilan.

Oleh karena itu, tumbuhkan keberanian dalam diri Anda untuk menempuh perjalanan yang beresiko demi mencapai kemenangan besar. Tentu saja bukan keberanian yang membabi buta, bukan juga keberanian yang nekat, bukan juga keberanian demi meraih hal yang tidak bermanfaat, tetapi keberanian menempuh resiko untuk kehidupan yang lebih baik.


"Keberanian adalah sebuah sikap. Sikap untuk bertahan atas prinsip kebenaran "